Mengenal Jason Dupasquier Pembalap yang Meninggal di Kecelakaan Moto3 Italia

Jason Dupasquier
daftar

Jason Dupasquier meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan dalam balapan babak Kualifikasi Moto3 musim 2021 Grand Prix Italia, Sabtu (29/5/2021). Otoritas MotoGP dan juga live casinos online indonesia memberitahukan kabar duka terkait meninggalnya pembalap muda 19 tahun asal Swiss itu.

“Menyusul insiden serius dalam sesi Kualifikasi 2 Moto3 di Gran Premio d’Italia Oakley, dengan sangat sedih kami melaporkan meninggalnya pembalap Moto3, Jason Dupasquier,” tulis MotoGP melalui website resminya, Minggu (30/5/2021). Insiden yang melibatkan Jason Dupasquier dan beberapa motor lainnya dalam Kualifikasi Moto3 2021 di Italia itu terjadi antara tikungan 9 dan 10.

Tim medis tiba di lokasi dan menangani Jason Dupasquier sebelum akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit Careggi di Florence dengan helikopter. “Terlepas dari upaya terbaik yang telah dilakukan staf medis sirkuit dan semua yang kemudian merawat pembalap Swiss itu, rumah sakit telah mengumumkan bahwa Dupasquier telah menyerah pada luka-lukanya,” sebut MotoGP. “FIM, IRTA, MSMA dan Dorna Sports menyampaikan belasungkawa terdalam kepada keluarga, teman, tim, dan orang-orang yang dicintai Dupasquier,” tutupnya.

Siapa Jason Dupasquier?

Jason Dupasquier

Jason Dupasquier dilahirkan di Bulle, Fribourg, Swiss, tanggal 9 Juli 2001. Dilansir Motorsport-total, ia adalah putra dari mantan pembalap motocross, Philippe Dupasquier. Jason Dupasquier memulai karier membalap dengan mengikuti supermoto. Pada 2016, saat usianya baru menginjak 15 tahun, Jason Dupasquier tampil di Kelas Moto3 dalam Kejuaraan ADAC NEC dan tampil sebagai juara. Berikutnya, pembalap berdarah Perancis ini berkiprah di Moto3 Junior World Championship.

Sempat mendapatkan pengalaman di ajang Red Bull Rookies Cup, Jason Dupasquier meraih tiket ke Moto3 besutan MotoGP untuk tampil di musim 2020 bersama tim Saxon PrüstelGP. Sepanjang musim debutnya itu, penampilan Jason Dupasquier kurang meyakinkan. Posisi terbaiknya dalam Moto3 musim 2020 itu hanya menempati posisi 17 di seri balapan yang digelar di Perancis.

Di Moto3 musim 2021, performa Jason Dupasquier lebih baik. Jason Dupasquier yang mengendarai motor KTM telah mengumpulkan 27 poin dan menempati urutan 12 klasemen sebelum kecelakaan maut di Italia yang memungkasi kiprah sang pembalap muda untuk selama-lamanya.

daftar

Kronologi Kecelakaan Jason Dupasquier

Jason Dupasquier mengalami kecelakaan downside menjelang akhir Q2 Moto3 Italia di Tikungan 9 Sirkuit Mugello. Dalam tayangan ulang, pebalap asal Swiss itu kehilangan kendali atas motornya dan langsung terjatuh di Tikungan 9. Jason Dupasquier saat itu memacu motornya dengan kecepatan tinggi tepat di depan pebalap Tech3 asal Jepang, Ayumu Sasaki.

Jarak yang sangat dekat membuat Ayumu Sasaki tidak bisa menghindari Jason Dupasquier yang sudah terjatuh terpental dari motornya. Ayumu Sasaki yang kala itu juga melaju cepat pada akhirnya menabrak tubuh Jason Dupasquier di depannya. Dalam tayangan ulang, Ayumu Sasaki juga menabrak motor dan Jason Dupasquier. Akibatnya, Ayumu Sasaki terpental dari motornya sendiri atau mengalami kecelakaan highside setelah bersinggungan dengan Jason Dupasquier.

“Dupasquier jatuh di depan saya. Motornya ke tengah lintasan. Saya tidak bisa menghindarinya,” kata Ayumu Sasaki seusai kualifikasi Moto3 Italia dikutip dari situs Motorsport. “Saya menabrak motornya dan mengalami kecelakaan yang fatal,” tutur Ayumu Sasaki.

Di sisi lain, Jason Dupasquier kala itu masih tergeletak di lintasan setelah bertabrakan dengan Ayumi Sasaki. Dikutip dari situs Motorsport, Jeremy Alcoba (Indonesian Racing Gresini) dikabarkan juga sempat bersinggungan dengan Jason Dupasquier. Akibat dari kecelakaan yang melibatkan Jason Dupasquier, Jeremy Alcoba, dan Ayumu Sasaki, bendera merah atau red flag langsung dikibarkan sebagai tanda bahwa sesi Q2 Moto3 Italia dihentikan.

Tim medis di Sirkuit Mugello kemudian langsung bergegas menuju Tikungan 9 untuk memberi perawatan pertama ke Jason Dupasquier yang masih terkapar. Adapun Ayumu Sasaki dan Jeremy Alcoba langsung bisa berdiri meskipun mengalami cedera ringan. Setelah hampir 40 menit di rawat di Sirkuit Mugello, Jason Dupasquier pada akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Careggi di Florence menggunakan helikopter atau ambulans udara.

Musim ini adalah tahun kedua Jason Dupasquier berkarier di kelas Moto3. Jason Dupasquier mengawali kariernya di ajang Supermoto dan sempat menjadi juara nasional negara asalnya, Swiss. Bakat balap Jason Dupasquier menurun langsung dari ayahnya, Phlippe Dupasquier, yang merupakan mantan pebalap motorcross.

Jason Dupasquier mulai beralih dari Supermoto dan menekuni ajang balap motor lintasan sirkuit pada 2016. Pebalap kelahiran 7 September 2001 itu kemudian debut di Kejuaraan Dunia Moto3 2020 bersama PruestelGP. Menjelang Moto3 Italia 2021, Jason Dupasquier menempati peringkat ke-10 klasemen pebalap dengan raihan 27 poin.